Berbicara mengenai hijab, sebenarnya hijab sendiri memiliki pengertian yakni fashion penutup aurat. Ada berbagai produk hijab yang dijual dengan jenis yang berbeda. Mulai dari hijab penutup kepala, jubah atau gamis muslimah untuk menutup badan, dan hijab penutup kaki. Namun seiring kemajuan jaman, bahasa hijab jarang lagi dipakai untuk definisi fashion penutup semua aurat. Hijab saat ini lebih dikenal dengan kata lain kerudung yang artinya hijab di sini hanyalah sebatas penutup aurat kepala.
Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini, memakai hijab merupakan trend yang semakin hits. Bahkan bisa kita lihat beberapa selebriti terkenal kini mulai berhijrah dan istiqomah memakai hijab untuk menutup aurat kepala mereka. Trend model hijan yang saat ini bisa kita temukan di berbagai pasar atau toko jual hijab ada bermacam-macam. Beberapa model hijab tersebut biasanya disesuaikan dengan style baju yang dikenakan. Lantas apa saja jenis-jenis hijab yang sedang trend ini? yuk simak berikut poin-poin jenis hijab dan sedikit penjelasannya :

  1. Hijab instan
    Kemunculan hijab instan ini seolah menjadi jawaban bagi mereka yang ingin berhijab namun tidak pandai dalam membuat model-model hijab yang dirubah-rubah. Sesuai dengan namanya, jenis hijab yang satu ini pemakaiannya bisa secara langsung dalam sekali pakai langsung. Meskipun hijab ini tidak bisa diubah-ubah menjadi beberapa model namun hijab jenis ini kini terbilang cukup nyaman. Bahkan kini ada beraneka ragam model hijab instan yang sengaja dibuat dengan beberapa model atau style. Hal ini dilakukan agar model hijab instan tidak monoton dan membosankan. Selain itu bagi anda yang ingin terlihat syar’I dengan ukuran hijab yang besar atau jumbo maka anda tidak perlu khawatir karena jenis hijab ini juga tersedia dalam bentuk yang besar atau jumbo.
  2. Hijab model pashmina
    Sebenarnya model hijab pashmina yang persegi panjang ini diadaptasi dari model kerudung di jaman dahulu sebelum adanya hijab instan. Orang jaman dulu memakai hijab persegi panjang dengan lebih simple tanpa memakai jarum bahkan tidak memakai model apapun. Namun seiring perkembangan dunia fashion saat ini hijab model pashmina dijual kembali dengan membawa contoh pemakaian yang tentunya lebih modern, fashionable, dan juga lebih syar’I sebagai penutup aurat kepala. Ada beraneka ragam model yang bisa anda lakukan dengan menggunakan hijab pashmina. Tidak heran jika penjualan hijab jenis ini terbilang cukup tinggi.
  3. Hijab persegi empat
    Selain hijab persegi lima atau pashmina, ada lagi jenis hijab yang juga diadaptasi dari hijab di beberapa waktu dulu yang tak lain adalah hijab persegi empat. Keberadaan hijab persegi panjang jaman dulu dianggap tidak terlalu efektif untuk menutup aurat kepala sehingga dengan kehadiran hijab segi empat ini diharapkan dapat menjadi penutup kepala yang lebih efektif dan sesuai syariat. Kini hijam segi empat dibuat dengan beragam varasi bahan dan motif serta ukuran. Bagi anda yang ingin mencari hijab segi empat dengan ukuran yang lebar, anda kini bisa menemukan dengan mudah di berbagai toko hijab.
    3 jenis hijab yang dijelaskan di atas menjadi kelompok hijab modern yang saat ini bisa anda beli di berbagai marketplace khusus fashion muslimah. Ada beragam model yang bisa anda pilih dan sesuaikan dengan selera serta kebutuhan anda. Jangan lupa untuk disesuaikan dengan busana muslimah yang anda kenakan karena hal tersebut akan menambah kesan rapi dan anggun untuk anda.