Menentukan nama toko online merupakan hal penting yang tidak boleh disepelekan. Nama toko adalah cerminan dari visi bisnis yang Anda miliki. Tidak heran jika nama toko dianggap sebagai salah satu kunci kesuksesan menarik calon pelanggan.

Nama toko online menarik bisa Anda dapatkan secara spontan. Namun, Anda biasanya juga harus melakukan berbagai hal sebelum mendapatkan nama toko online yang sesuai visi bisnis dan juga terlihat menarik.

Berikut akan disajikan sejumlah tips yang bisa Anda lakukan dalam proses pemilihan nama toko online bisnis yang sedang Anda rintis.

1. Melakukan Riset

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan riset. Melalui riset Anda akan mendapatkan sejumlah informasi dan inspirasi mengenai contoh nama toko. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai nama toko online pesaing di bisnis yang sama.

Riset bisa dilakukan melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, hingga marketplace di Google.

2. Menyesuaikan Nama Toko dengan Produk yang Ditawarkan

Nama toko online usahakan dapat mempresentasikan produk yang dijual. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya mempertimbangkan nama toko online yang mengandung nama atau istilah dari produk. Contoh nama toko yang bergerak di bidang kuliner, Anda bisa menambahkan kata food, jajan, kudapan, dan lain sebagainya.

3. Membuat Nama Original

Mencari inspirasi dengan melakukan riset bukan berarti Anda menjiplak nama toko online orang lain. Anda harus menghindari nama toko yang hampir sama dengan kompetitor. Pastikan nama toko online Anda original dan belum pernah dipakai oleh orang lain.

4. Membuat Nama Toko yang Singkat dan Sederhana

Nama toko online yang sederhana dan singkat akan memudahkan calon pembeli untuk mengingat nama toko. Nama toko yang terlalu panjang akan menyulitkan pembeli mengingat nama toko Anda.

Agar pelanggan mudah mengingat nama toko, Anda juga bisa harus menghindari nama toko yang sulit untuk dibaca. Nama toko online yang terlalu panjang juga akan menyulitkan pelanggan mengingat nama toko. Sebaiknya Anda memilih nama toko yang terdiri dari dua hingga tiga suku kata.

Singkat dan mudah dibaca akan memudahkan para pelanggan mengingat nama toko Anda.

5. Memilih Nama Toko yang Memiliki Makna

Agar nama toko terlihat lebih menarik, pastikan ada makna terkandung di dalam namanya. Anda bisa menentukan nama toko yang memiliki makna visi dari bisnis yang sedang dijalankan.

Pemilihan makna dari nama toko ada beberapa pilihan atau cara. Pemilihan nama toko berdasarkan nama pemilik, moto toko, visi toko, maupun nama toko online yang mengikuti nama toko offline yang Anda miliki.

6. Menghindari Penggunaan Istilah Asing dan Simbol

Untuk memperluas target pasar, Anda harus menghindari pemilihan nama toko yang mengandung istilah asing dan simbol. Istilah asing hingga simbol yang hanya dimengerti oleh kalangan tertentu akan mempersempit target pasar.

7. Memastikan Domain Tersedia

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan dalam menentukan nama toko online adalah memastikan nama domain tersedia. Apabila Anda sudah menentukan nama toko, pastikan untuk segera mendaftarkan nama domain Anda. Hal ini penting untuk dilakukan agar nama domain Anda tidak terlanjur dibeli dan digunakan oleh orang lain.

Demikian tadi sejumlah tips yang bisa Anda ikuti dalam menentukan nama toko online agar terlihat menarik. Nama toko online yang menarik akan membuat calon pembeli tertarik untuk berkunjung hingga membeli produk Anda.