Laporan keuangan sangat penting dimiliki oleh para pengusaha, baik bagi pengusaha kecil di skala UMKM hingga pengusaha besar. Bahkan karena pentingnya, banyak yang membutuhkan contoh laporan keuangan sederhana khususnya untuk para pelaku UMKM.

Namun sebelum masuk ke contoh dari laporan keuangan, baiknya anda mengetahui terlebih dahulu pentingnya laporan keuangan bagi UMKM khususnya. Berikut ini akan dijelaskan beberapa keuntungan para pelaku usaha UMKM untuk memiliki laporan keuangan.

1. Perencanaan Bisnis

Fungsi dari laporan keuangan yang pertama adalah untuk perencanaan bisnis lebih baik. Dalam laporan keuangan yang dibuat, mampu membantu pengoptimalan biaya yang anda miliki Dan juga perencanaannya. Salah satu cara untuk bertahan di dunia usaha adalah dengan memiliki laporan keuangan untuk pencatatan segala hal yang dilakukan dan melihat apakah usaha sedang berjalan dengan baik atau tidak.

Melihat catatan laporan keuangan membantu untuk tahu apakah usaha sedang meningkat atau menurun. Bisa dibilang laporan keuangan menjadi sarana untuk evaluasi diri bagi usaha.

2. Mengetahui Posisi Keuangan

Yang fungsi dari laporan keuangan adalah sebagai sarana untuk mengetahui bagaimana posisi keuangan Anda setiap bulan. Bahkan bagi perusahaan yang memiliki hutang, akan terlihat lewat catatan laporan keuangan ini. Contoh laporan keuangan akan memberikan pengetahuan untuk pergerakan pada aset, modal dan hutang secara jelas terpantau dengan baik.

Ketika usaha anda tidak punya yang namanya laporan keuangan maka akan lebih sulit untuk memahami bagaimana dan berapa jumlah aset yang ada, modal juga hutang yang dimiliki.

3. Pengontrolan Biaya Lebih Mudah

Selanjutnya penting untuk mengetahui laporan keuangan untuk pengontrolan biaya terutama untuk biaya produksi dan operasional bagi sebuah usaha. Laporan keuangan yang ada akan membuat rincian biaya usaha anda lebih terpantau dengan jelas pada satu periode.

Tentu saja rincian biaya akan tercatat pada laporan keuangan dan akan membentuk usaha UMKM untuk menentukan besaran harga produksi. Usaha UMKM juga akan lebih mudah untuk mengetahui berapa untung dan rugi yang didapat.

4. Memudarkan Mendapatkan Pinjaman

Sebuah usaha tentu wajar jika ingin mendapatkan pinjaman. Nah laporan keuangan ternyata cukup membantu untuk memudahkan Anda jika ingin mengajukan pinjaman misalnya dari bank atau solusi pinjaman lainnya. Laporan keuangan tentu tercatat berdasarkan pencatatan akuntansi.

Nah jika anda melakukan pinjaman misalnya lewat bank, salah satu syaratnya adalah laporan keuangan yang lengkap. Alasannya tentu karena bank ingin mengetahui arus keuangan dari usaha yang Anda jalankan saat ini.

5. Menghitung Jumlah Pajak

Tentu saja laporan keuangan juga akan membantu untuk mengetahui dan menghitung pajak yang akan dibayar. Pembayaran pajak tentu sangat penting untuk kelangsungan usaha anda dan juga kewajiban sebagai pengusaha ke negara. Dengan adanya laporan keuangan, maka anda lebih mudah menentukan berapa pajak yang harus anda bayarkan.

Umumnya tarif pajak usaha UMKM sendiri sudah diatur oleh pemerintah. UMKM sendiri harus membayar pajak jenis PPH Final.

Kini tentu anda sudah tahu apa saja keuntungan yang didapatkan ketika memilih untuk memiliki catatan laporan keuangan. Untuk Anda yang ingin tahu contoh laporan keuangan sederhana usaha kecil maupun usaha besar, maka bisa langsung mengunjungi website gobiz. Website ini memiliki contoh laporan keuangan khususnya untuk UMKM. Ada panduan untuk membuat laporan keuangan melalui langkah-langkah yang tepat dan juga praktis. Anda akan dipandu untuk membuat laporan keuangan terbaik sederhana dan tetap sederhana bagi pelaku usaha UMKM.